Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (DPP IAEI) bersama dengan PT Pegadaian dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menggelar Kick Off The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024 dengan tema Young Generation Innovations Towards Sustainable Future, pada Rabu (28/8) secara hybrid di Auditorium FEM IPB University.
Direktur Operasi dan Jaringan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah menerangkan, The Gade Sociopreneurship Challenge merupakan sebuah kompetisi ide dan inkubasi kewirausahaan sosial yang diinisiasi oleh PT Pegadaian (Persero) sebagai wadah inkubasi para pemuda dalam menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial.
“Pemuda didorong untuk menjadi youth sociopreneur melalui inovasi model bisnis atau usaha dengan melihat masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk memberdayakan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat”, terang Eka Pebriansyah dalam paparannya.
Dr. Hendri Tanjung, selaku Bidang Daya Saing Ekonomi Islam yang mewakili Sekretaris Jenderal IAEI, juga menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam TGSC tahun 2024 sangat relevan dengan tantangan global yang tengah dihadapi saat ini.
“Generasi muda saat ini, dengan kreativitas dan semangatnya, memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan solusi inovatif untuk menghadapi berbagai isu lingkungan dan sosial”, ujar Dr. Hendri Tanjung pada sambutan pembuka Kick Off TGSC 2024.
Dekan FEM IPB University, Dr. Irfan Syauqi Beik juga menerangkan bahwa sociopreneurship merupakan salah satu konsens visi IPB University dalam upaya bersama menuju Indonesia Emas 2045. Melalui kegiatan TGSC yang Kick Off di IPB University dapat disambut baik oleh seluruh mahasiswa untuk berpartisipasi dalam gelaran tahun 2024.
Sementara itu Muhammad Fajrin Rasyid selaku Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat DPP IAEI dalam paparannya, menjelaskan bahwa sociopreneur merupakan jembatan antara bisnis dengan sosial untuk menghasilkan nilai positif secara sosial dan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, dalam menghasilkan bisnis yang baik adalah dengan cara mendekati kebutuhan customer.
“Dengan memahami permasalahan atau kebutuhan customer, maka kita bisa memberikan solusi yang dikembangkan untuk menjawab permasalahan atau kebutuhan tersebut,” ujar Fajrin Rasyid.
Program Kick Off The gade Sociopreneurship Challenge merupakan rangkaian agenda roadshow goes to campus Pegadaian dan IAEI ke-10 di perguruan tinggi di Indonesia. Dalam Roadshow ini dilaksanakan seminar sociopreneurship, sosialisasi TGSC 2024 untuk meningkatkan awareness dari mahasiswa pada Universitas tersebut untuk menjadi Sociopreneurship muda dengan Narasumber dari tokoh Sociopreneur lokal, PT Pegadaian, dan Pengurus IAEI baik pusat atau wilayah. Turut hadir dalam acara ini civitas akademika, Dosen, Mahasiswa FEM IPB University, stakeholder, praktisi industri keuangan dan masyarakat umum yang hadir lebih dari 600 peserta secara hybrid.